Aneka Tanaman Hias Daun Terpopuler

Friday, September 9th 2016. | Tanaman Hias

Tanaman hias daun merupakan salah satu tanaman yang sangat diminati selain tanaman hias bunga. Pada kesempatan kali ini akan kami berikan beberapa macam tanaman hias daun yang sedang populer di Indonedia karena banyak sekali peminatnya. Tanaman hias daun memiliki karakteristik tersendiri pada setiap jenisnya. Hal itu dapat dilihat dari ukuran daun, warna dan corak daun, bentuk daun intinya memiliki ciri khas khusus pada daunnya. Jenis tanaman hias daun sangat banyak dan beragam, yang dapat membuat anda bingung dalam memilihnya. Perawatannya pun berbeda – beda untuk setiap jenisnya. Jika anda sedang mencari tanaman hias daun yang sedang populer sekarang ini, anda dapat mengetahuinya pada ulasan dibawah ini.

Macam – macam tanaman hias daun yang sedang populer

Suplir

Suplir merupakan salah satu tanaman hias daun yang paling populer di masyarakat. Dilihat dari bentuk daunnya yang cerah dan cantik cocok sekali menghias ruangan ataupun teras anda. Suplir membutuhkan habitat yang lebab dan udara bersih. Selain itu juga membutuhkan intensitas cahaya yang cukup namun jangan sampai terkena matahari secara langsung. Anda bisa meletakkan di dekat jendela atau teras pada tempat yang tedur. Penyiraman untuk tanaman hias suplir ini pun juga harus teratur agar kelembaban pada tanah tetap terjaga. Jika ada daun yang sudah layu sebaiknya dipangkas sampai pada batangnya agar muncul tunas baru. Karena daun yang telah mati atau layu tidak bisa disembuhkan lagi.

tanaman hias daun yang sedang populer dan paling banyak diminati

Aglaonema

Tanaman hias daun yang populer saat ini adalah aglaonema. Tanaman ini memiliki ciri khas khusus pada bentuk daunnya yang agak lonjong dengan warna hijau tua dan terdapat warna perak keabu-abuan pada tulang ruas daunnya. Selain memiliki nama tanaman hias daun aglaonema juga sering disebut dengan Sri Rejeki. Karena itu banyak orang yang memiliki minat untuk membudidayakan tanaman hias ini. Perawatan yang mudah pada tanaman ini menambah manfaat tersendiri. Habitat aglaonema merupakan tempat yang lembab dan terdapat intensitas cahaya yang cukup. Jangan sampai sering terkena sinar matahari secara langsung, karena akan membuat aglaonema cepat layu. Penyiraman dua kali sehari cukup membantu menjaga kelembaban pada media tanam dan suhu sekitar tumbuhan hias daun ini.

Dieffenbachia

Tanaman hias daun terpopuler selanjutnya adalah dieffenbachia yang memiliki daun yang lebar dan indah. Habitat tanaman ini di ruangan terbuka seperti di taman. Namun tanaman hias ini mampu bertahan dalam ruangan dalam kurun waktu tertentu. Jika diletakkan di dalam ruangan warna daunnya akan menjadi hijau gelap, karena itu perlu sinar matahari agar daunnya menjadi hijau cerah lagi. Daun dieffenbachia mampu membersihkan udara, karena itu sesekali letakkan dieffenbachia dalam ruangan. Namun perlu diwaspadai untuk anak kecil agar tidak terkena getah dari tanaman ini, karena akan menyebabkan gatal pada kulit.

Sansevieria

Tumbuhan hias daun yang terpopuler dan banyak diminati lainnya adalah sansevieria. Tanaman hias daun sansevieria memiliki ciri khas yakni daun yang tebal, keras, tegak, dan memiliki ujung yang runcing. Sansevieria memiliki nama lain lidah mertua, yang sangat cocok untuk menjadi tanaman penghias dalam ruangan atau tanaman hias indoor. Karena sansevieria mampu untuk tumbuh pada lingkungan yang memiliki sedikit air dan sedikit sinar matahari. Manfaatnya jika anda meletakkanya di dalam ruangan adalah tanaman hias ini dapat menyerap racun seperti karbondioksida, benzena, formaldehyde dan trichloroethylene. Karena di Jepang tanaman ini dimanfaatkan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di dalam ruangan. Selain sebagai tanaman hias daun ternyata sansevieria juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir hingga kanker.

Baca juga : macam-macam tanaman hias pembersih ruangan

Tanaman hias daun Anthurium Kuping Gajah

Anthurium merupakan tanaman hias yang paling banyak diminati dan terpopuler sekarang ini. Karena memiliki ciri khas yang unik pada bentuk daunnya. Contoh jenis tanaman anthurium adalah kuping gajah. Tanaman hias kuping gajah mempunyai ukuran daun yang lebar dan besar mirip telinga gajah. Dengan warna warna hijau gelap dan tulang daunnya berwarna putih terlihat seperti jaring yang menyebar ke sisi daunnya. Sangat cocok sekali menghias teras atau ruangan anda.

baca juga : tanaman penghias halaman yang tahan panas!

Demikian beberapa tanaman hias daun yang terpopuler dan paling banyak diminati sekarang ini. Masih banyak lagi jenis tanaman hias daun yang belum bisa kami sampaikan. Namun dari beberapa itu sudah mewakili dari sekian banyaknya tanaman hias yang pas untuk menghias rumah di dalam maupun di luar. Semoga info ini berguna dan menjadi referensi untuk anda yang sedang bingung memilih tanaman hias. Simak info seputar tanaman hias di sukatanaman.com pada postingan selanjutnya.

tags: , , , , , , ,