Budidaya Tanaman Hias Anggrek Bulan

Monday, August 29th 2016. | Tanaman Hias

Tanaman hias anggrek bulan sudah tidak diremehkan lagi penggemarnya. Dengan berbagai macam jenis warna bunganya, tanaman hias ini memang unik dan pastinya sedap sekali dipandang mata. Karena itu tidak salah pilih jika anda memilih anggrek bulan sebagai penghias rumah. Jika ingin memilikinya anda bisa membelinya berupa bibit bunga anggrek bulan ataupun yang sudah besar. Keduanya sama-sama memerlukan perawatan. Bedanya hanya waktu saja yang membuat anda akan bisa menikmati keindahan bunga yang muncul. Namun jika anda seorang yang telaten dan sabar tidak ada salahnya jika anda mencoba menanamnya mulai dari bibit. Hal ini akan menambah rasa senang dan puas tersendiri disaat sudah berbunga.

Tanaman hias bunga anggrek bulan ini termasuk tanaman yang tidak tahan panas terik matahari secara langsung, “ baca tanaman hias tahan panas “ . Oleh karena itu peletakkannya adalah di tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung bahkan seharian. Karena bunga anggrek akan mengalami lambat dalam pertumbuhan bahkan mengalami kematian. Namun juga sebaiknya tidak anda tempatkan di dalam rumah yang minim cahaya. Tempat yang pas adalah tempat yang teduh dan tidak panas. Dengan begitu tanaman hias bunga anggrek bulan ini bisa tumbuh subur dan tahan lama.

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Bulan dalam Pot agar Cepat Tumbuh

perawatan tanaman hias anggrek bulan agar cepat tumbuh

Penanaman bibit

Hal yang harus anda siapkan sebelum menanam adalah bahan-bahannya terlebih dahulu. Hal yang lebih utama tentu saja bibit bunga anggrek bulan. Anda bisa membelinya di toko pertanian yang menjual bibit bunga ataupun toko online pertanian yang sekarang sudah banyak beredar. Selain bibitnya siapkan juga media wadah dan media tanamnya. Pilihannya bisa menggunakan pot tanah, pot plastik ataupun pot kayu. Untuk media tanam tanaman hias anggrek bulan ini bisa menggunakan sabut kelapa, batu bara, arang kayu atau potongan pakis. Namun biasanya di toko penjual juga menyediakan semuanya termasuk pupuk yang penting dalam merangsang pertumbuhan tanaman hias bunga ini.

Setelah semua siap maka kini saatnya anda melakukan menanaman dalam pot yang tadi sudah dibeli. Dengan media tanam yang sudah anda pilih misalnya arang atau sabut kelapa, masukkan arang atau sabut kelapa dalam wadah tanam dan tanam pula bibit bunga anggrek bulan tersebut sampai akarnya tertutup. Oh iya, jika anda sedang menanam bibit tanaman yang masih kecil sebaiknya menggunakan pot yang kecil dahulu, baru nanti setelah daunnya sudah tumbuh panjang menutupi pot, waktu itulah wadah diganti yang ukurannya lebih besar. Pada bagian tengah pasang galah kayu setinggi bibit bunga ya agar sebagai pegangan tanaman yang masih tumbuh.

Setelah umur 3 bulan dan bibit tumbuh jangan lupa untuk memindahkannya pada wadah tanam yang lebih besar. Dalam hal ini satu wadah hanya boleh satu tanaman saja, agar pertumbuhan bisa maksimal. Untuk perawatannya sama dengan perawatan pada waktu masih bibit bunga.

Pemupukan

Setelah bibit bunga kita tanam dengan benar maka saatnya pemupukan. Di toko pertanian tadi anda bisa membeli pupuk dekastar atau NPK. Memupuk bibit anggrek ini menggunakan cara penyemprotan langsung ke daunnya, karena pada anggrek bulan daunnya memiliki daya serap nutrisi lebih banyak daripada akarnya. Semprotkan pupuk tadi secara merata pada pagi dan sore hari agar hasil maksimal.

Penyiraman

Penyiraman pada tanaman bibit janganlah terlalu banyak agar tidak mati. Lakukan penyiraman cukup 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Yang perlu di ingat jangan sampai media tanam basah dan tergenang air. Hal ini dapat merusak media tanam dan mengganggu pertumbuhan bibit tanaman hias anggrek ini. Jika pada musim kemarau bisa ditambahkan penyiramannya pada malam hari namun juga jangan terlalu banyak. Penyiraman bertujuan hanya untuk menjaga kelembaban sekitar tanaman saja.

Intensitas cahaya

Intensitas cahaya sudah sedikit kita bahas pada awal paragraf tadi. Tanaman hias bunga anggrek bulan ini membutuhkan cukup intensitas cahaya namun tidak jangan sampai anda letakkan pada terik matahari. Letakkan pada tempat yang teduh dan sejuk.

baca juga ” tanaman indoor ini untuk mempercantik ruangan

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai budidaya tanaman hias anggrek bulan yang bisa kami sampaikan. Pada dasarnya melakukan budidaya membutuhkan banyak kesabaran dalam waktu yang cukup. Namun dengan hasil akhir yang bisa kita dapat akan menjadi kepuasan tersendiri. Semoga bermanfaat dan selamat berkebun untuk menghiasi rumah dengan tanaman hias bunga yang indah ini. tetap simak sukatanaman.com ya!

tags: , , , , , , ,