Jenis Tanaman Hias Bunga Anggrek di Indonesia

Tanaman hias bunga anggrek (orchidaceae) tersebar di seluruh dunia dengan ribuan spesies. Beberapa ada yang langka dan harus kita lindungi dan budidayakan agar tetap terjaga keberadaanya. Namun banyak juga anggrek umum yang bisa kita budidayakan sebagai tanaman penghias rumah. Bunga anggrek dengan naman latin Orchidaceae merupakan tanaman yang tumbuh dengan cara menempel atau menumpang pada tumbuhan lain. Namun ada juga yang tumbuh di tanah ataupun media tanam lainnya. Sudah menjadi primadona di antara bunga hias lainnya anggrek memiliki bentuk dan warna pada bunga yang beragam. Karena itulah sudah menjadi hal yang wajib bagi anda pecinta tanaman hias memiliki salah satu jenis tanaman ini di rumah. Selain tumbuh secara menempel, anggrek dapat tumbuh mandiri dengan media hidroponik. Perawatannya pun cukup mudah namun dibutuhkan ketekunan agar tanaman ini tumbuh subur dan sehat. Berikut beberapa jenis tanaman anggrek yang langka (dilindungi) dan dijual bebas.

Macam – macam tanaman hias bunga anggrek yang unik di Indonesia

Anggrek Cattleya

tanaman hias bunga anggrek cattleya

baca juga ” tanaman hias yang cocok untuk menghias ruang tamu

Jenis anggrek yang unik dan indah ini merupakan tanaman epifit yakni yang tumbuh menempel pada pohon lain. Berdasarkan pertumbuhan batangnya anggrek yang cantik ini tergolong dalam kelompok simpodial. Yakni pertumbuhan ujung batang yang terbatas, karena saat ujung batangnya telah tumbuh pada batas maksimal maka akan berhenti tumbuh. Lalu akan tumbuh tunas anakan baru yang menjadi kelopak bunganya. Sebab itulah anggrek jenis ini sangat unik pada bagain batang dan kelopak bunganya. Jika anda ingin membudidayakan anggrek cattleya maka sebaiknya perhatikan intensitas cahaya yang akan diterima oleh tanaman hias bunga ini. Karena anggrek ini tidak suka sekali dengan cahaya matahari secara langsung sepanjang hari. Namun untuk cahaya matahari pagi anggrek ini sangat menyukainya. Jika dirawat dengan benar akan membuat tanaman ini sering berbunga. Maka dari itu anggrek ini cukup sulit untuk dipelihara walau bunganya besar dan unik.

Anggrek Dendrobium

tanaman hias bunga anggrek dendrobium

Tanaman hias bunga anggrek ini sering digunakan untuk menghiasi ruangan atau taman. Dengan intensitas cahaya yang dibutuhkan skala sedang sampai agak tinggi. Agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan bisa anda gunakan semprotan untuk membantu mengurangi penguapan saat panas yang terik. Anggrek dendrobium merupakan jenis tanaman epifit dan tumbuh secara simpodial. Setelah batang tumbuh maksimal maka akan diteruskan pertumbuhan tunas yang baru. Tanaman hias jenis ini relatif mudah untuk dibudidayakan. Dengan bunga yang bervariatif dan indah cocok sekali menjadi tanaman hias di ruang tamu ataupun di teras depan rumah.

Oncidium

tanaman hias bunga anggrek oncidium

Jenis tanaman hias bunga anggrek ini tumbuh di daerah kering yang sangat tahan sekali akan intensitas cahaya yang banyak. Dalam perawatannya jenis anggrek ini memerlukan setidaknya sampai 60% intensitas cahaya. Tanaman jenis ini berakar atau berdaging tebal sehingga jarang sekali memerlukan air. Berbeda dengan jenis lainnya yang memiliki akar tipis yang butuh cukup air. Sehingga penyiraman bisa dilakukan setiap 4 hari tergantung cuaca, ukuran pot dan bahan, dan jenis anggrek. Karena anggrek dalam genus ini masih mempunyai 300 spesies yang masih perlu di klasifikasi ulang.

Anggrek Bulan

tanaman hias bunga anggrek bulan

Jenis tanaman hias bunga selanjutnya adalah anggrek bulan yang memiliki nama ilmiah phalaenopsis amabilis atau puspa pesona. Jenis anggrek ini merupakan tanaman yang populer seperti dendrobium. Anggrek bulan tergolong dalam genus phalaenopsis yang hidup tersebar di wilayah Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Indonesia, filipinda, Papua dan Australia. Cara tumbuhnya dengan epifit yakni menempel pada batang pohon di hutan-hutan. Ingin merawatnya? Simak “ cara merawat anggrek bulan agar tumbuh subur dan cepat berbunga ”.

Anggrek Tanah

tanaman hias bunga anggrek tanah

Jenis tanaman anggrek ini berbeda dengan yang lainnya, yang tumbuhnya secara epifit atau menempel pada batang pohon lain. Anggrek tanah dapat tumbuh subur secara mandiri, yakni tumbuh dengan media tanah. Dengan intensitas cahaya yang cukup atau peletakkan pada tempat teduh dan penyiraman yang teratur serta pemupukan yang bagus, bunganya akan cepat tumbuh.

Anggrek Vanda

tanaman hias bunga anggrek vanda

Anggrek Vanda merupakan jenis tanaman hias bunga anggrek yang memiliki banyak ragam. Dari segi warna, daun, dan bunganya. Ada yang lebar dan adapula yang sempit. Anggrek vanda tergolong dalam jenis tanaman monopodial yang batangnya akan tumbuh secara terus menerus. Tanaman hias ini tumbuh dan tersebar di sekitar daerah Asia Tenggara yang memiliki intensitas cahaya yang cukup banyak. Anggrek vanda dapat tumbuh sebagai anggrek tanah ( teresterial ) ada juga yang menempel pada batang pohon ( epifit ). Jenis dari anggrek vanda masih banyak sekali yang tidak bisa kami sebutkan semuanya, jika anda ingin menanamnya bisa langsung ke toko pertanian yang menjual bibit bunga anggrek vanda dan tanya jenis yang ada di sana.

baca juga ” tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas

Nah, itulah beberapa contoh jenis tanaman hias anggrek yang dapat tumbuh di Indonesia. Tentunya dapat anda budidayakan sendiri untuk menghiasi rumah. Contoh di atas merupakan sedikit sekali dari ribuan jenis anggrek yang bisa kita temukan di sini, namun beberapa menjadi idola para pecinta tanaman hias yang cukup mudah untuk ditemukan bibit bunga dan mudah dalam perawatannya. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa tuk share ya! Selamat berkebun dengan situs sukatanaman.com ini.

Jenis Tanaman Hias Bunga Anggrek di Indonesia | sukatanaman | 4.5