Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah

Tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah bisa anda dapatkan di toko pertanian penjual bibit bunga dengan harga yang varian tergantung jenis tanaman apa. Jika anda masih bingung atau belum tahu jenis tanaman apa yang dapat digunakan, sebagai tanaman hias dalam rumah selain sebagai hiasan namun juga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk karena harumnya, maka simak postingan kali ini ya. Nyamuk biasanya berkembang biak dengan cepat pada saat musim penghujan. Karena pada musim hujan mudah sekali terdapat genangan air dimana saja.

Tempat nyamuk bertelur di genangan air yang kumuh ataupun bersih. Karena itu hal utama yang bisa anda lakukan untuk menghindari nyamuk berkembang biak adalah sebisa mungkin menutup penampungan air dalam rumah dan membersihkan sampah. Karena sampah seperti kaleng atau botol yang dapat menampung air hujan merupakan tempat nyaman untuk nyamuk berkembang biak. Hal ini memungkinkan tersebarnya penyakit secara cepat seperti demam berdarah dan malaria yang dibawa oleh nyamuk. Untuk itu tanaman pengusir nyamuk merupakan cara yang tepat dan mudah untuk menanggulanginya.

baca juga ” macam tanaman obat asam urat dan pengolahannya

Setelah cara pencegahan dengan menjaga kebersihan, maka cara selanjutnya menghilangkan nyamuk yang sudah banyak dalam rumah. Dengan memasang beberapa tanaman hias pengusir nyamuk dari beberapa jenis tanaman yang bisa ditemukan dan dirawat dengan mudah sebagai berikut.

Macam tanaman hias pengusir nyamuk dan serangga yang ampuh

tanaman hias pengusir nyamuk dan serangga dalam rumah

  1. Bunga Lavender

Pastinya anda sudah kenal sekali dengan bunga pengusir nyamik ini. Tanaman hias yang bisa digunakan selain sebagai penghias halaman rumah ataupun dalam ruangan ini, ternyata tidak disukai oleh nyamuk aroma bunganya. Dalam aroma bunga lavender mengandung zat bernama lynalil acetate dan linalool inilah yang membuat nyamuk kabur saat mencium baunya. Karena itulah sudah beredar lotion obat nyamuk yang terbuat dari ekstrak bunga lavender. Aroma khas lavender pun sering digunakan sebagai aroma terapi, hal ini menambah ,manfaat untuk relaksasi saat kita sedang dalam rumah. Tanaman hias ini tumbuh di daerah pegunungan Alpen, Swiss yang merupakan daerah asalnya. Cukup dengan menanam bunga lavender di pekarangan anda, dekat selokan, ataupun di dalam rumah. Rawat dengan rajin ya agar terus berbunga untuk mengusir nyamuk dan serangga.

  1. Kecombrang

Tanaman hias satu ini juga tidak asing bagi kita, karena sering juga dimanfaatkan sebagai rempah untuk melengkapi bumbu masakan. Pada bagian biji, buah dan bunganyalah yang digunakan untuk rempah masakan pada umumnya. Selain berbunga cantik yang dapat menjadi penghias halaman rumah, ternyata bunga kecombrang juga ampuh untuk mengusir nyamuk pada pekarangan.

  1. Serai

Tanaman serai ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur atau penyedap masakan. Disamping itu rupanya serai mengandung zat sitronelal dan geraniol yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Serai cocok ditanam di pekarangan rumah, karena kurang cocok ditanamn di dalam pot. Anda bisa mengakalinya dengan membuat taman kecil di dekat jendela kamar untuk tempat tanam serai. Dengan begitu nyamuk tidak akan mendekat pada jendela kamar. Perawatannya pun mudah sekali karena serai cocok dengan iklim tropis di Indonesia dan tidak memerlukan perawatan khusus.

  1. Rosemary

Tanaman hias ini bisa tumbuh langsung di tanah ataupun dalam pot. Anda bisa menggunakan tanaman hias ini sebagai pengusir nyamuk. Bunga rosemary memiliki aroma yang menyerupai minyak telon atau kayu putih, karena itu nyamuk tidak suka. Dengan menanamnya dalam pot dan diletakkan di sudut jendela agar terkena sinar matahari cukup. Maka pertumbuhan tanaman hias inipun bisa mengusir nyamuk.

baca juga ” tanaman hias ini bisa menjadi tanaman obat juga loh!

  1. Geranium

Tanaman hias satu ini memiliki julukan tapak dara. Bunganya seperti cantik berwarna dan mengandung zat sitronelol dan geraniol. Zat tersebut mudah terbawa oleh angin yang dapat mengusir nyamuk dalam rumah. Tanaman ini bisa menghias dalam rumah ataupun ditaman yang perawatannya cukup mudah. Jika di dalam rumah usahakan peletakkan didekat aliran udara atau dekat dengan kipas angin agar zat pengusir nyamuk tersebut tersebar.

  1. Zodia

Tanaman hias pengusir nyamuk berikutnya adalah zodia. Dengan kandungan kimia yang terdapat dalam daun zodia ini ( rutaecarpine dan evodiamine ) nyamuk dan serangga akan kabur darinya. Penanaman zodia bisa menggunakan pot dan letakkan pada tempat yang terjadi sirkulasi udara. Hal tersebut agar kedua zat tadi terkena angin dan tersebar ke seluruh ruangan. Nah setelah itu nyamuk dan serangga akan kabur karena seluruh ruangan terpenuhi zat pengusir nyamuk.

Demikianlah beberapa jenis tanaman hias pengusir nyamuk dan serangga dalam rumah yang bisa kami sampaikan. Untuk anda yang kurang puas dengan hanya diletakkan di ruangan bisa menggosokkan daun atau bunga dari jenis tanaman diatas. Cara itu bisa digunakan untuk memberikan perlindungan pada kulit saat tidur ataupun untuk menyembuhkan gigitan dari nyamuk. Semoga informasi ini bermanfaat dan simak terus info seputar tanaman hanya di suka tanaman.

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah | sukatanaman | 4.5