Tanaman Obat Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Tuesday, September 6th 2016. | Tanaman Obat

Tanaman obat asam urat merupakan cara alami untuk mendapatkan obat terhadap asam urat. Sebelum menggunakan obat kimia baiknya menggunakan obat herbal. Dengan menggunakan tanaman obat sebagai penyembuh, efek samping pada penderita diyakini tidak ada. Bahkan dari jaman dahulu nenek moyang kita menggunakan tanaman sebagai obat herbal untuk segala macam jenis penyakit. Tidak seperti jaman modern sekarang ini yang menggunakan bahan kimia meskipun mengambil ekstrak dari bahan alami. Akan tetapi tetap saja dicampur dengan bahan kimia tertentu agar kondisinya awet. Berbagai jenis macam tanaman obat dapat ditemukan di Indonesia dan dapat tumbuh subur dipekarangan. Jika anda pecinta tanaman tidak ada salahnya menggunakan sebagian lahan untuk membudidayakan tanaman obat. Hal ini mungkin akan sangat berguna jika suatu saat membutuhkannya. Entah itu anggota keluarga ataupun tetangga kita. Seperti penyakit yang umum terjadi, bahkan penyakit seperti asam urat yang sering terjadi pada orang yang sudah usia. Karena itu manfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk menanam beberapa tanaman obat berikut untuk mengobati penyakit asam urat. Berikut beberapa tanaman obat untuk mengobati asam urat dan cara mengolahnya.

Jenis Tanaman Obat Asam Urat dan Cara Mengolahnya

tanaman obat asam urat yang alami dan manjur

baca juga  ” tanaman hias daun outdoor yang tahan panas

  1. Daun Sambiloto

tanaman obat asam urat yang pertama adalah daun sambiloto sudah dikenal banyak orang sebagai bahan herbal untuk  kesehatan. Karena di dalam daun sambiloto ini mengandung laktone yang memiliki fungsi sebagai peredam demam, anti bakteri, penghilang nyeri, anti radang dan penawar racun. Selain laktone juga terdapat zat aktif androgapholid yang sangat berguna untuk mengobati penyakit khususnya asam urat ini. Cara mengolah daun sambiloto untuk asam urat yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun sambiloto (5-12 lembar) lalu cuci bersih dan rebus dengan 4 gelas air. Rebus hingga mendidih dan sampai tersisa 1 gelas air rebusan daun sambiloto tersebut. Dosis pemakaiannya adalah 3 kali sehari diminum 1 jam sebelum makan.

  1. Jahe

Tanaman obat asam urat berikutnya adalah jahe. Jahe merupakan tanaman yang memiliki rimpang yaitu akar yang membesar. Manfaat jahe sangat banyak sekali untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain untuk menghangatkan tubuh ternyata jahe juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam urat secara alami. Tentu saja dengan pengobatan yang tekun akan mendapatkan hasil yang maksimal. Nah untuk cara mengolah jahe sebagai obat tradisional sama seperti kita membuat wedang jahe. Siapkan jahe sebesar 2 ruas jari sebanyak 2 buah, lalu remukan dan rebus dengan segelas air. Tambahkan gula aren atau gula jawa sedikit atau boleh juga menggunakan madu murni 2 sendok makan. Konsumsi 2 kali sehari secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda perut anda tidak kuat dengan jahe cukup konsumsi 1 kali sehari.

  1. Kumis Kucing

Tanaman obat ini biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit asam urat. Pada umumnya orang mengenal kumis kucing ini sebagai obat tradisional untuk menghancurkan batu pada saluran kencing atau mengobati kecing manis. Namun selain itu kumis kucing pun memiliki sifat diuretik yang mampu menghilangkan kandungan asam urat yang berlebih pada tubuh melalui proses pembuangan air kecil. Cara mengolahnya yaitu rebus 5 lembar daun kumis kucing dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya, lalu dinginkan dan minum langsung. Dosis untuk mengkonsumsi obat alami kumis kucing ini sebaiknya 2 kali sehari dan dilakukan rutin setiap hari.

baca juga ” tanaman obat sekaligus tanaman hias mudah sekali dibudidayakan

  1. Daun salam

Tanaman obat asam urat selanjutnya adalah dari tanaman salam. Daun salam mampu mengatasi penyakit asam urat. Untuk ibu – ibu daun salam digunakan sebagai bahan penyedap masakan di dapur. Namun belum pada mengetahui manfaat lainnya dari daun salam untuk mengobati penyakit asam urat atau reumatik bahkan kolesterol juga. Cara mengolahnya seperti biasa, ambil beberapa lembar daun salam ( 5-15 lembar) rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Lalu dinginkan dan langsung diminum, dosis konsumsinya adalah 2 kali sehari saja sudah cukup. Dengan melakukannya secara teratur asam urat akan hilang dengan sendirinya.

Nah itulah beberapa macam tanaman obat asam urat dan cara mengolahnya. Beberapa pantangan orang yang memiliki asam urat adalah jangan memakan makanan yang terlalu banyak mengandung purin seperti kacang-kacangan. Karena tubuh sudah memproduksi purin. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari juga pantangannya. Agar pengobatan ini dapat berhasil dengan maksimal. Simak mengenai info seputar tanaman hias, tanaman obat di suka tanaman ya, jangan lupa juga tuk share jika dirasa bermanfaat.

 

tags: , , , ,