Tanaman Obat Bau Mulut dan Sariawan

Tuesday, September 13th 2016. | Tanaman Obat

Tanaman obat bau mulut dan sariawan mudah ditemukan disekitar kita terutama di pasar tradisional yang menjual rempah alami tersebut. Tak jarang penyakit ini menyerang semua orang, mulai dari sariawan yang mengganggu saat makan menjadi bau mulut yang tak kunjung hilang. Sariawan terjadi karena kurangnya vitamin C ataupun karena terjadi gesekan antara lidah atau bibir dengan gigi dan makanan yang pedas sampai terbentuk luka. Hal yang paling sering menyebabkan sariawan tak lain karena tergigit saat sedang makan enak dan terburu-buru. Sariawan yang tak kunjung sembuh dan tidak segera diobati dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang mengganggu. Lengkap sudah penderitaan anda jika hal ini terjadi bagi anda yang sering tatap muka dengan orang lain setiap hari saat bekerja. Terjadinya sariawan menandakan bahwa anda kekurangan vitamin C yang membuat kekebalan tubuh menurun. Sariawan memang sangat mengganggu ketika sedang makan. Untuk menghilangkan bau mulut dan sariawan cukup mudah dengan menggunakan beberapa bagian dari tanaman obat berikut.

Contoh tanaman obat bau mulut dan sariawan yang ampuh

tanaman obat bau mulut dan sariawan cengkeh yang ampuh

Kunyit

Tanaman obat bau mulut dan sariawan yang pertama adalah kunyit. Selain sebagai bumbu untuk masakan kunyit juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan sariawan dan bau mulut tak sedap. Cara membuat ramuan untuk mengobati sariawan dan bau mulut menggunakan kunyit pun cukup mudah. Ambil 1 buah kunyit lalu kupas dan cuci bersih, tumbuk sampai halus dan tambahkan sedikit air. Gunakan untuk berkumur dan oleskan pada bagian luka sariawan yang terbentuk. Lakukan pagi dan malam hari secara rutin sampai sariawan dan bau mulut hilang.

Jahe

Rimpang dari tanaman obat tradisional ini memang mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan. Menghilangkan sariawan dan bau mulut dengan jahe caranya cukup mudah. Ambil 3 ruas jahe dan bersihkan kulitnya lalu cuci bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Jika sudah mendidih dan tersisa setengahnya kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan pada pagi dan malam hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jahe sangat cocok memang cocok sebagai tanaman obat bau mulut dan sariawan.

baca juga : jensi tanaman obat batuk dan pilek yang mujarab

Cengkeh

Tanaman obat bau mulut dan sariawan yang selanjutnya adalah cengkeh. Cengkeh pada umumnya dikenal sebagai bumbu untuk masakan. Selain itu juga cengkeh sering digunakan untuk mengobati sakit gigi, karena minyak dari cengkeh mengandung zat desinfektan yang berfungsi sebagai pembunuh kuman penyakit dan bakteri yang mematikan. Sehingga masalah yang terjadi di daerah mulut seperti bau mulut, sakit gigi dan sariawan pun juga dapat disembuhkan dengan cepat menggunakan cengkeh. Cara mengolahnya menjadi ramuan mujarab untuk obat bau mulut dan sariawan dengan cengkeh cukup mudah. Gunakan satu genggam cengkeh dan rebus menggunakan air sekitar 400 ml. Rebus sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur pada pagi dan malam hari secara teratur agar bau mulut dan sariawan cepat hilang.

Daun Sirih

Tanaman obat bau mulut dan sariawan yang terakhir adalah daun sirih. Tumbuhan herbal yang satu ini memang kaya akan manfaat dalam memberantas kuman dan bakteri yang menyerang tubuh kita. Didalam daun sirih terdapat minyak atsiri yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri untuk membunuh bibit kuman dan bakteri penyebab penyakit. Fungsi tersebut membuat daun sirih sangat cocok dijadikan obat bau mulut dan sariawan yang membandel. Caranya pun cukup mudah sama seperti saat menggunakan tanaman herbal sebelumnya. Dengan mengambil 10 lembar daun sirih lalu cuci bersih kemudian rebus menggunakan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Lakukan secara teratur agar bau mulut dan sariawan hilang dengan cepat.

baca juga : sembuhkan asma dengan tanaman obat ini!

Demikianlah beberapa jenis tanaman obat bau mulut dan sariawan yang ampuh dan alami. Dari contoh tumbuhan herbal tersebut sangat mudah didapat di pasar tradisional. Selain menggunakan obat tersebut, jenis makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Jika sedang sariawan hendaknya tidak makan makanan yang pedas dan berminyak agar cepat sembuh. Selain itu banyaklah konsumsi vitamin C dari jeruk, lemon, tomat, dan pisang. Agar daya tahan tubuh kebal terhadap kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan sariawan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda pecinta tanaman dan yang sedang mengalami penyakit tersebut diatas. Tetap simak suka tanaman pada postingan selanjutnya dengan info tanaman yang berbeda.

tags: , , , , , , , , , ,