Tanaman Obat Cacar Air Tradisional yang Alami

Tanaman obat cacar air yang alami berupa tanaman herbal mudah didapat disekitar kita, terutama di pasar tradisional. Sementara itu sebelum kita membahas mengenai obat alami cacar air maka sebaiknya kita ketahui lebih dahulu apa itu cacar air. Sebagian besar orang pernah mengalami cacar air sekali seumur hidup, namun ada juga yang tidak terkena. Penyakit cacar air sendiri muncul karena infeksi virus Varicella Zoster. Penyakit ini sifatnya menular jadi jangan sampai anda dekat-dekat dengan penderitanya. Namun biasanya penderita diwajibkan dikarantina di rumah agar virus tidak menyebar. Cacar air sering terjadi pada usia anak, namun tak jarang juga orang dewasa yang terkena cacar air.

Ciri-ciri awal terkena cacar air pada umumnya adalah sedikit demam, lesu, lemah dan disertai pilek. Disamping itu pada kasus yang cukup serius ditandai dengan nyeri sendi dan pusing. Setelah gejala yang timbul selama beberapa hari akan muncul bercak-bercak kecil  pada kulit berwarna kemerahan. Pada awalnya akan muncul di punggung, perut dan dada namun akan menyebar ke wajah. Pada umumnya penderita akan mengalami cacar air pada kurun waktu 2 sampai 3 minggu lamanya. Penyakit cacar air tergolong cukup lama dalam masa penyembuhannya jika tidak ditambah dengan obat penghilang virus cacar itu. Lalu apakah tanaman obat cacar air yang alami dan tradisional untuk mengobati penyakit tersebut? Berikut beberapa contoh tanaman obat cacar air yang ampuh.

tanaman obat cacar air tradisional yang alami dan ampuh

Jenis tanaman obat cacar air yang alami dan ampuh

Temulawak

Temulawak sudah dikenal sejak dulu menjadi obat herbal yang mujarab untuk berbagai macam penyakit. Selain itu temulawak pun mudah didapat dan mudah diolah menjadi jamu godog. Didalam temulawak terdapat zat antioksidan serta antimikroba yang berguna untuk membunuh virus cacar air. Ambil 15 gram temulawak dan bersihkan kulitnya, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Jangan lupa tambahkan madu murni sebanyak 2 sendok makan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Minnum 2 kali sehari agar hasilnya maksimal.

Asam jawa

Tanaman obat cacar air tradisional selanjutnya adalah asam jawa. Cara mengolahnya pun sama dengan diatas. ambil beberapa gram asam jawa dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Tambahkan madu murni sebanyak 2 sendok makan agar rasanya tidak terlalu asam. Minum 2 kali sehari pagi dan malam agar cacar cepat hilang.

Jahe

Tanaman rimpang satu ini juga menjadi salah satu tanaman obat keluarga yang bisa digunakan untuk mengobati cacar air. Ambil 15 gram jahe dan bersihkan lalu  potong kecil atau di geprek dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Tambahkan madu murni 2 sendok makan dan konsumsi 2 kali sehari.

Kencur

Tak asing lagi bumbu dapur ini juga termasuk tanaman obat cacar air keluarga yang mampu mengobati cacar air dengan alami. Ambil 15 gram kencur dan bersihkan lalu geprek dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Tambahkan 2 sendok makan madu murni dan minum 2 kali sehari.

baca juga : hilangkan bau mulut dan sariawan dengan ini!

Mengkudu

Tanaman buah dan obat ini tak diragukan lagi khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit kronis. Dengan mengkonsumsi juas mengkudu cacar air akan cepat sembuh. Ambil 2 buah mengkudu dan bersihkan lalu blender sampai halus dan tambahkan madu agar lebih nikmat. Konsumsi jus buah mengkudu 2-3 x sehari agar hasilnya maksimal.

baca juga : tanaman obat ini dapat menurunkan kadar asam lambung!

Demikianlah beberapa tanaman obat cacar air tradisional yang alami untuk menyembuhkannya. Dengan mengkonsumsinya secara rutin penyakit cacar air tidak akan menunggu lama sampai 3 minggu. Semoga informasi ini dapat menambah referensi anda untuk mengobati cacar air dengan alami. Simak info seputar tanaman selanjutnya di sukatanaman.com ya.

Tanaman Obat Cacar Air Tradisional yang Alami | sukatanaman | 4.5