Tanaman Obat dan Tanaman Hias Bunga Tasbih

Tuesday, September 6th 2016. | Tanaman Hias, Tanaman Obat

Masih dengan tanaman hias bunga yang sedang kami bahas dalam beberapa postingan terbaru ini. Namun kali ini kami akan membahas salah satu tanaman hias yang juga memiliki beberapa manfaat lain dibidang kesehatan dan kecantikan. Tanaman hias bunga tasbih, sudah kenal dengan naman tanaman ini?  Tanaman yang berasal dari daerah tropis daratan Amerika ini memiliki bunga yang indah dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga tasbih memiliki nama latin Canna lily yang biasanya tumbuh subur dan menyebar di daerah pegunungan dan hutan. Namun tanaman ini juga mampu tumbuh di dataran rendah hingga 1.000 m di atas permukaan air laut. Oleh karena itu tak jarang juga tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias untuk memperindah pekarangan rumah.

Ciri – ciri tanaman hias bunga tasbih

Bunga tasbih atau bunga kana ini yang spesifik dibanding dengan tanaman hias bunga lainnya. Ia tumbuh tegak menjulang dan besar dan dapat memiliki tinggi hingga 2 meter. Ciri pada batangnya berbentuk rimpang yang tebal mirip ubi yang menjalar pada permukaan tanah dan dapat menghasilkan akar dan tunas baru. Sedang pada daunnya memiliki ukuran yang lebar dan besar, dan berbentuk menyirip secara jelas. Daunnya berwarna hijau atau merah tengguli. Yang terpenting sebagai tanaman hias adalah bunganya yang memiliki warna cerah seperti merah muda, kuning dan merah. Tak hanya warnanya, ukuran bunga yang besar pun menambah bunga kana lili ini mampu membuat taman anda akan terasa seperti di pegunungan.

Tanaman obat dan Tanaman Hias Bunga Tasbih

baca juga ” tanaman hias bunga adenium yang unik dan mahal ” 

Cara membudidayakan tanaman hias bunga tasbih

Karena sebagai tanaman yang memiliki akar rizoma mereka hidup secara bergerombol. Untuk membudidayakannya dalam wadah tertentu kita tinggal cabut dari bonggolnya lalu tempatkan pada media tanam yang baru. Akan tetapi pada umumnya kita tempatkan dulu pada wadah atau ember berisi air dalam kurun waktu dua sampai tiga hari. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan akarnya lagi setelah dicabut dari bonggolnya. Baru setelah itu bisa kita tanaman dalam pot satu persatu. Habitat tanaman ini di hutan atau pegunungan tropis, karena itu tanaman hias bunga tasbih ini menyukai lingkungan yang kaya akan sinar matahari. Selain itu kondisi tanahnya juga harus lembab dan dapat menyimpan cukup banyak air. Tanaman ini tidak menyukai hawa dingin sama sekali, karena itu di Indonesia cocok sekali dengan iklim tropis. Cukup mudah bukan perawatan dan budidayanya? Harap diingat juga akan hama yang menyerang tanaman ini seperti siput yang suka memakan daunnya.

Manfat tanaman hias bunga tasbih untuk kesehatan

Mengobati keseleo

Keseleo yang sering terjadi ketika beraktivita berat seperti olah raga atau angkat beban dapat disembuhkan dengan ramuan dari tanaman hias ini. Memarkan rimpang atau rizoma bunga tasbih ini dengan dicampur tepung terigu dan arak putih, lalu balurkan pada bagian yang keseleo tersebut.

Mengobati wasir atau ambein

Wasir merupakan penyakit saluran pembuangan yang sering dialami oleh banyak orang, terutama orang kantoran yang selalu duduk sepanjang hari. Penyakit wasir terjadi akibat pembuluh darah pada bagian saluran pembuangan tersebut mengalami tekanan yang terus menerus sehingga terjadi peradangan. Namun rizoma atau ubi dari tanaman tasbih ini dapat dijadikan solusi mengatasinya. Caranya adalah gunakan 60 gram ubi bunga tasbih dan iris tipis – tipis. Lalu rebus dengan air 3 gelas air sampai mendidih dan agak berkurang airnya. Dinginkan dan saring lalu bisa diminum langsung. Dosisnya cukup 2 kali dalam sehari ya.

Mengobati jerawat

Salah satu penyakit kulit ini memang sering menimpa kita khususnya pada usia remaja. Namun tak jarang orang yang sudah dewasa pun masih sering berjerawat. Masalah penyakit kulit ini biasanya dari kebersihan dan pola makan. Karena jerawat timbul dari pori-pori yang berlebihan akan minyak dan tersumbat akibat kotor karena debu. Karena itu rajinlah membersihkan wajah sehabis dari luar ruangan dan jaga pola makan ya. Itu adalah cara mudah agar terhindar dari jerawat walaupun masih ada banyak lagi penyebabnya. Namun akar rizoma bunga tasbih atau bunga kana ini mampu menghilangkan jerawat. Tumbuh hingga halus lalu oleskan pada bagian yang berjerawat.

Mengatasi pembekakan kelenjar limpa

Pembekakan pada limpa dapat pula diobati dengan ramuan akar bunga tasbih. Manfaat tanaman hias bunga tasbih ini cukup efektif dalam memulihkan pembekakan kelenjar limpa. Caranya dengan merebus beberapa batang ( 60 gram rizoma ) yang telah diiris tipis dan saring setelah dingin lalu diminum.

baca juga ” tanaman hias lain yang siap untuk menghias teras anda

Masih banyak lagi beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunkan tanaman hias bunga tasbih ini, seperti :

  1. Penyakit kuning
  2. Keputihan
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Kencing batu
  5. Kanker kandungan
  6. Batuk darah
  7. Vertigo
  8. Haid yang berlebihan

Demikian sedikit ulasan mengenai tanaman hias bunga tasbih selain memiliki bunga yang indah untuk mempercantik taman, juga memiliki banyak manfaat pula dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Tidak ada salahnya anda membudidayakan tanaman hias ini karena disamping rumah anda terlihat indah juga dapat dimanfaatkan jikalau ada penyakit yang diderita seperti yang telah disebut di atas. Semoga informasi sukatanaman.com ini bermanfaat, sebarkan jika memang bermanfaat ya. Simak info seputar tanaman pada postingan selanjutnya ya, hanya di suka tanaman.

tags: , , , , , , , , , ,